Tips Merawat Mesin Gelato Agar Tahan Lama Meski Sering Digunakan

gelato in store

Mesin gelato merupakan alat yang sangat penting dalam mendukung kelancaran usaha es krim sehingga dibutuhkan ketelatenan dalam merawatnya. Selain memastikan mesin yang anda beli dari penjual mesin gelato yang terpercaya, jika tidak dirawat dengan baik, maka komponen di dalamnya akan mudah rusak dan mengakibatkan produksi es krim ikut terhambat. Lalu bagaimanakah tips mudah merawat mesin pembuat gelato? Berikut penjelasannya.

Membersihkan Bagian Food Grade Setelah Digunakan

Setelah selesai digunakan untuk memproduksi es krim, bagian food grade dalam mesin pembuat gelato harus segera dibersihkan. Tujuannya untuk mengurangi resiko munculnya bakteri atau kuman dari sisa adonan es krim yang tertinggal di dalam mesin. Dengan begitu es krim gelato yang dihasilkan aman dikonsumsi oleh pelanggan. 

Membersihkan Komponen Mesin Secara Rutin

Selanjutnya jangan lupa untuk membersihkan semua komponen mesin pembuat gelato, mulai dari fan cooling hingga evaporator mesin. Cara ini berguna untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel di beberapa komponen dalam mesin gelato tersebut.

Apabila debu-debu tersebut tidak rutin dibersihkan, proses pendinginan mesin akan bekerja dengan lebih lambat. Hal ini tentu dapat membuat produksi es krim gelato menjadi terganggu. Anda tentu tidak ingin mengalami kerugian bisnis akibat mesin pembuat gelato yang rusak bukan?

Untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada komponen mesin, Anda bisa membersihkannya secara perlahan dan hati-hati dengan menggunakan kuas yang lembut. Jika tidak yakin bisa melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan teknisi dari jasa service mesin es krim gelato terdekat. 

Memberikan Grease Oil Pada Bagian Mesin Tertentu

Grease Oil merupakan krim minyak khusus yang terbuat dari zat tumbuhan alami. Anda dapat mengoleskan grease oil secara teratur pada bagian mesin yang bersentuhan langsung dengan adonan es krim gelato. Pelumas ini aman untuk digunakan karena tidak mengandung unsur yang berbahaya bila dikonsumsi oleh manusia

Demikianlah ulasan tentang tips merawat mesin gelato agar tahan lama meski digunakan berkali-kali. Dengan mengikuti tips yang diberikan di atas, resiko kerusakan mesin pembuat gelato tentu bisa diminimalisir. Selain itu bisnis es krim gelato yang Anda miliki pun dapat berjalan dengan lancar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.