Perbedaan Pipa SCH 80 dan 40, Pilih Yang Mana?

steel pipe

Penggunaan akan pipa sch 80 memang semakin luas baik untuk industri manufaktur ataupun konstruksi. Seperti sudah diketahui bahwa besi pipa ini sendiri merupakan bahan yang terbuat dari bahan logam campuran yakni antara besi dan karbon.

Karena terbuat dari bahan itulah besi ini mempunyai kekuatan dan ketahanan yang cukup bagus. Biasanya penggunaannya adalah sebagai penyalur cairan dan gas ke dalam Gedung-gedung komersial serta perumahan seperti untuk suplai air bersih. Tidak sampai disitu saja, ternyata pipa inipun juga dapat berfungsi sebagai komponen struktur penyangga.

Perbedaan Pipa SCH 80 dan 40 Yang Perlu Diketahui

Sebagai orang yang awam, Anda mungkin masih asing dengan istilah pipa SCH bukan? nah SCH sendiri merupakan singkatan dari schedule yakni istilah yang ditujukan untuk menyebut ketebalan dari suatu pipa. Adapun sebutan tersebut diberikan oleh ANSI atau American National Standards Institute.

Saat ini, jenis pipa inipun mempunyai dua varian yang biasanya digunakan secara umum yakni SCH 80 dan 40. Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya maka harus mengetahui perbedaannya dahulu. Hal tersebut agar Anda dapat menemukan pipa dimana sesuai kebutuhan.

  1.   Tekanan Udara

Perbedaan utama terletak pada tekanan udaranya dimana SCH 80 sendiri mempunyai tekanan lebih besar dibandingkan dengan SCH 40. Selain itu, untuk jenis inipun mampu menahan tekanan-tekanan relatif tinggi serta tahan terhadap adanya korosi yakni maksimal hingga 80 bar.

  1.   Ukuran dan Diameter

Perbedaan lainnya dapat anda dilihat berdasarkan dengan ukuran serta diameternya. Untuk tipe SCH 80 ternyata mempunyai ukuran dan ketebalan lebih besar bahkan dapat mencapai NPS 8. Selain itu juga terlihat terputus-putus dibandingkan dengan SCH 40. Dimana SCH 40 ketebalannya terbilang cukup tipis.

  1.   Kegunaan

Perbedaan terakhir adalah terletak pada kegunaannya dimana untuk tipe 40 biasanya dapat mengalirkan udara hingga 40 bar agar sistem hidran nantinya dapat beroperasi dengan baik. Sedangkan Pipa SCH 80 lebih banyak digunakan di berbagai industri seperti kimia hingga proyek konstruksi.

Penggunaan dari pipa besi ini memang sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi industri-industri besar. Sebelum Anda membeli pipa sch 80 maka lebih baik ketahui perbedaannya dengan pipa 40.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.