Apa itu Pipa Besi SCH 40

Illustrasi Pipa Besi SCH 40

Pipa sangat diperlukan dalam bidang konstruksi. Untuk itu maka terdapat banyak jenis pipa sesuai peruntukannya. Salah satunya yang cukup banyak dan fleksibel penggunaannya adalah pipa besi SCH 40.

Apa itu SCH (SCHEDULE)

SCH pada pipa SCH 40 adalah singkatan dari schedule, yaitu suatu istilah dalam dunia perpipaan yang menggambarkan ukuran ketebalan dari suatu pipa. Schedule adalah parameter yang digunakan untuk menentukan tingkat ketebalan dinding pipa. Namun parameter tersebut tidak memiliki dimensi dan satuan sehingga lalu diwakili dengan angka saja. Makin besar nomor angka schedule maka makin tebal pipanya. Jadi pipa 2 inch sch 40 akan lebih tebal jika dibanding dengan pupa dengan nomor schedule di bawahnya yaitu sch 20, atau sch 10 atau sch 5, serta lebih tipis jika dibandingkan dengan sch 60, atau sch 80. Pipa baja schedule 40 tingkat memiliki ketebalannya 3,91 mm bukan 40 mm, sedangkan schedule 80 tingkat ketebalannya ialah 5,54 mm. Angka schedule tidak menunjukkan ketebalannya. Tapi hanya sebagai nilai perkiraan ekspresi. Nomor schedule adalah perkiraan ukuran rasio design pressure untuk tegangan yang diijinkan pada suatu pipa. Contohnya pipa sch 40 mampu menahan pressure maksimal hingga 40 barg, pada ukuran pipa yang sama dengan sch 20 hanya akan mampu menahan maksimal hingga 20 barg saja.

Schedule atau parameter ketebalan pipa diatur dengan standar ANSI atau ASME B36.10M serta API 5L. Terdapat sebelas nomor schedule yaitu SCH 5, dan SCH 10, dan SCH 20, dan SCH 30, dan SCH 40, dan SCH 60, serta SCH 80, dan SCH 100, lalu SCH 120, dan SCH140, sampai SCH 160. 

Apa itu Pipa Besi SCH 40

Pipa besi schedule 40 adalah salah satu jenis pipa besi yang paling populer dan memiliki karakteristik ketebalan yang ideal sehingga dapat diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan konstruksi dan bangunan, serta piping yakni mulai dari sebagai saluran gas hingga saluran air, dan juga untuk bahan konstruksi lainnya. Hal ini karena pipa besi sch 40 memiliki ukuran ketebalan medium yang dapat diaplikasikan untuk banyak ukuran pressure dan juga temperature. Kekuatan pipa besi sch 40 sudah sangat bagus. Hardness atau tingkat kekerasan pipa besi sch 40 adalah dalam ukuran 16,1 skala Rockwell. Hal ini maksudnya adalah pipa besi schedule 40 tersebut mempunyai kekuatan luluh atau yield strength sebesar 423 MPa, dan ultimate strength sebesar 470 MPa serta modulus elastisitas sebesar 225 GPa. Ukuran pipa ini tersedia mulai dari 1/8 inch hingga 36 inch dengan tingkat ketebalan yang bervariasi tergantung pada diameternya. Tingkat ketebalannya antara 1,73 mm untuk pipa 1/8 inci sampai 19,05 mm untuk pipa 36 inci.

Pipa sch 40 yang paling sering digunakan, berbeda dengan pipa sch 140 dan 160 yang jarang penggunaannya, hanya untuk pressure yang tinggi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.