Pengertian Les A Level

les A Level

A level merupakan persiapan awal bagi siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang universitas pada sekolah-sekolah Internasional, A Level merupakan salah satu jenis ujian yang bisa diambil dalam mendalami jenjang universitas. Dalam menghadapi ujian A Level memang diperlukan persiapan menggunakan les A Level agar siswa menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian.

Kurikulum Cambridge

Kurikulum Cambridge sendiri merupakan kurikulum yang telah dikembangkan oleh Cambridge Assessment International Education yang pada mulanya didirikan oleh University of Cambridge di United Kingdom. Namun semakin banyak universitas luar negeri yang membutuhkan kombinasi lulusan dari Cambridge international A level sebagai salah satu syarat untuk masuk ke universitas.

Diantaranya kurikulum Cambridge sendiri mencakup beberapa pelajaran yang sudah diakui secara internasional umumnya menggunakan sistem penilaian yaitu A*, A hingga F. Sementara itu, selain kurikulum Cambridge adapula boarding exam lainnya yang bernama Edexcel yang dikembangkan oleh Publishing Company Pearson di United Kingdom. Nah,  kurikulum ini mencakup IGCSE dan A level.

Pengertian A Level

Untuk A level atau advance level sendiri merupakan salah satu kualifikasi yang berdasarkan pada mata pelajaran yang sebelumnya sudah diambil pada 2 tahun terakhir di tingkat sekolah menengah atas khusus untuk anak berusia 16 hingga 19 tahun sebagai salah satu persiapan yang lebih dalam ketika memasuki jenjang universitas. Biasanya pada sekolah-sekolah Internasional sudah diajarkan A level pada kelas 11 dan kelas 12 dimana ujian A levelnya itu dilaksanakan pada kelas 12.

A Level sendiri memiliki tingkatan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan IGCSE sementara untuk materi A level sudah setara dengan materi pada tingkat universitas tahun pertama dan tahun kedua. Bentuk ujian A Level bisa berupa ujian pilihan ganda atau esai, ada juga beberapa ujian yang bersifat praktik. Biasanya siswa di diperbolehkan untuk memilih salah satu opsi pilihan ujian, yang pertama hanya mengambil AS level saja atau yang kedua pengambilan A level pada tahun pertama kemudian pada tahun ketiga atau pilihan yang ketiga yaitu mengambil A level pada tahun kedua.

Salah satu kelebihan dari les A level diantaranya bisa membantu mempersiapkan siswa agar lebih siap dalam menghadapi ujian A level dan mendapatkan hasil yang maksimal. Ujian A Level sendiri sangat berguna untuk mendalami jenjang universitas dan nantinya akan termasuk dalam salah satu syarat dalam memasuki universitas Internasional.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.