Tips Memilih Besi UNP

ilustrasi besi unp

Besi UNP banyak dipergunakan sebagai sambungan ataupun sebagai dudukan atap bangunan dan berbagai hal lainnya di bidang konstruksi bangunan. Pemakaiannya cukup luas, dan sangat menentukan kualitas bangunan yang didirikan. Jenis besi yang satu ini memang menjadi material penting dalam dunia konstruksi. Sehingga perlu memilihnya dengan secara cermat pada saat membelinya.

Apa itu Besi UNP

Besi UNP adalah besi panjang dengan bentuk yang mirip menyerupai huruf U. Adapun nama atau sebutannya bisa Kanal U, atau Profil U, atau U Channel. Besi baja UNP atau U Kanal atau U Channel Steel adalah salah satu jenis besi baja yang dibuat sesuai dengan standarisasi Eropa, dengan kegunaan sebagai bagian dari pembuatan struktural suatu bangunan atau aplikasi industrial, seperti sebagai penutup dinding atau girts, penutup dudukan atap atau purin dan aneka rangka komponen konstruksi. Di pasaran, besi UNP dijual dengan ukuran panjang standar 6 meter, dengan beberapa macam berat dan ketebalan.

Tips Memilih Besi UNP

Agar mendapatkan besi UNP yang benar berkualitas dan tidak tertipu maka berikut ini tipsnya. 

Standar SNI

Pilih besi UNP yang telah lolos dan memenuhi syarat Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini sangat perlu diperhatikan. Besi UNP harusnya memiliki daya daktilitas yang tinggi yakni tidak mudah memuai dan juga kuat menahan beban berat. SNI memberi jaminan untuk hal tersebut.

Pilih Ukuran yang Tepat

Ketika memilih besi UNP pada suatu toko bangunan, maka akan dihadapkan dengan beberapa jenis pilihan besi UNP yang dilambangkan dengan angka-angka. Angka tersebut untuk menunjukkan ukuran panjang dari besi UNP dalam satuan milimeter. Pada tiap jenisnya akan memiliki ukuran lebar dan tinggi yang bisa berbeda-beda yang dapat dipilih sesuai kebutuhannya. Semakin tebal besi UNP maka akan semakin kuat, namun juga sebagai konsekuensinya adalah akan semakin mahal pula harganya. Salah satu contoh adalah untuk besi UNP kanal 5 maka ukurannya adalah 50 mm x 38 mm x 5 mm, yaitu besi UNP yang memiliki spesifikasi ukuran dengan panjang 50 mm, dan lebar 38 mm serta tinggi 5 mm. Ukuran ini yang paling banyak dan tinggi permintaannya di pasaran.

Pilih Fisik Besi yang Utuh

Lalu perhatikan tampilan fisiknya dan hindari besi yang keropos, pilih besi UNP yang utuh. Hal ini sangat penting jangan sampai besi ada karatnya meski hanya sedikit atau setitik kecil saja, karena karat itu bisa merambat dengan mudah menjalar ke seluruh bagian besi. Lalu akan menurunkan kualitas bangunan. Besi UNP yang benar harusnya sudah anti karat selain anti rayap dan anti lumut juga.

Pilih Fisik Besi yang Tidak Cacat

Jangan pilih besi UNP yang ada cacatnya meski hanya sedikit dan hanya di bagian ujungnya sekalipun. Keseluruhan fisik besi UNP yang baik adalah mulus tanpa cacat. yang berarti bukan produk yang gagal.

Perhatikan beberapa hal tersebut di atas agar bisa mendapatkan besi UNP yang tepat dan berkualitas.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.