Ketahui Dulu Istilah OEM Kosmetik dan ODM Sebelum Berbisnis Maklon!

oem kosmetik

OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah sistem penjualan sebuah perusahaan yang merancang produk mereka atas nama atau brand sendiri yang kemudian didistribusikan kepada perusahaan yang membeli. Singkatnya, OEM kosmetik tidak memperbolehkan pembeli ikut campur tangan dalam proses pembuatan produk kosmetik karena pembeli hanya akan terima jadi barangnya saja.

Spesifikasi Produk Tidak Ditentukan oleh Pembeli

Berbeda dengan ODM atau Original Design Manufacturer yang memberikan hak kepada perusahaan pembelinya untuk menentukan brand atau nama sendiri, OEM merancang produk mulai dari konsep, kualitas produk, pengembangan produk, sampai desainnya. Perusahaan pembeli hanya akan membeli barang tanpa memiliki hak untuk menjadikan barang tersebut dengan nama atau merk di bawah naungan mereka. 

Kelebihan dan Kekurangan OEM Kosmetik

Kelebihannya sudah jelas kamu akan menerima barang yang ori karena langsung dari perusahaan yang memproduksinya, sehingga hasil produknya pun lebih berkualitas karena digaransi tinggi. Ini jelas berbeda dengan barang-barang KW atau replika yang sering beredar di pasaran. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan produknya lebih cepat karena tidak perlu ada yang namanya proses persetujuan atau kerja sama dari dua belah pihak apakah produk tersebut akan sesuai dengan keinginan atau tidak.

Akan tetapi, dengan menggunakan sistem penjualan OEM kosmetik, kamu akan kurang bisa berkreasi sendiri dan menuangkan ide-ide di produk tersebut. Hal ini sudah jelas karena OEM tidak memberikan kita kesempatan untuk ikut campur tangan dalam proses produksinya. Keadaan produknya pun belum tentu sesuai dengan yang kita inginkan.

Bagusan Mana, OEM atau ODM?

Hal ini kembali lagi pada apa kebutuhan kamu. Apa sistem penjualan yang cocok untuk keinginan dan kebutuhan kamu dalam berbisnis. OEM akan sangat disarankan untuk kamu yang ingin lebih simple dan cepat menjual produk tersebut. Namun, apabila kamu ingin menciptakan produk sendiri atas nama kamu dan memiliki brand baru, tentunya kamu harus mencoba ODM karena perusahaan jenis ini akan membantu kamu dalam mewujudkannya

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.