3 Bahan Untuk Membersihkan Ice Machine

ilustrasi mesin es

Ice machine yang sering digunakan haruslah dicek dan dibersihkan paling tidak 6 bulan sekali. Pengecekan rutin ini bertujuan agar mesin terawat dengan baik dan juga dapat digunakan dalam waktu jangka panjang. 

Jika masih bingung, berikut 3 bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan ice machine dengan pembersih yang mudah ditemukan. 

Bahan Untuk Membersihkan Ice Machine 

Sebelum mulai membersihkan, hal yang paling penting untuk diingat adalah pilih bahan-bahan pembersih yang food grade atau kandungan yang aman untuk makanan. 

Ice machine nantinya menghasilkan es yang digunakan untuk makanan atau minuman, dan juga menghindari keracunan dari bahan berbahaya. 

  1. Menggunakan Cuka 

Cuka makan di dapur ternyata sangat bisa digunakan untuk membersihkan ice machine. Cuka makan mengandung asam asetat yang bisa bereaksi pada lapisan kotoran dan akan menghasilkan CO2 yang sangat efektif menghilangkan kerak atau lapisan kotoran pada mesin es. 

  1. Menggunakan Deterjen 

Seperti peringatan di atas, ada baiknya menggunakan deterjen yang dikhususkan untuk membersihkan mesin makanan atau yang aman untuk diletakan makanan . 

Perhatikan juga kandungan zat asam pada deterjen, jika terlalu tinggi akan membuat resiko ice machine berkarat semakin tinggi. 

  1. Menggunakan Asam Klorida Encer atau Asam Nitrat Encer 

Selain cuka, menggunakan asam klorida encer atau asam nitrat encer sangat ampuh untuk menghilangkan lapisan kotoran pada ice machine. 

Beberapa mesin es memiliki lapisan pada mesin yang menghindari kerusakan penggunaan zat asam sebagai pembersih, namun selalu perhatikan mesin es yang Anda miliki.

 Jangan lupa membersihkan mesin dengan air yang baik agar tidak meninggalkan residu asam klorida atau asam nitrat yang digunakan. 

Tips Merawat Ice Machine 

Setelah membersihkan ice machine, tidak lupa pula pengecekan berkala pada mesin es. Hal ini menghindari kualitas mesin yang menurun atau bahkan cepat rusak.

Di bawah ini adalah tips merawat ice machine jika terjadi trouble pada mesin es, sehingga dapat ditangani dengan cepat. 

  • Tips Mesin Tidak Membuat Es 

Masalah yang umumnya terjadi pada ice machine adalah mesin es tidak berfungsi atau mesin tidak menghasilkan es. 

Untuk mengatasi mesin tidak menghasilkan es adalah periksa sistem refrigerasi pada mesin, biasanya mesin mengalami overheat pada kompresor yang tertutup debu.

Sehingga tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Jika sudah begitu, tidak akan ada pembuangan panas mesin dan membuat mesin semakin panas. Untuk membersihkannya bisa dengan kain lap atau menggunakan spray udara. 

  • Tips Es Berukuran Tipis

Saat ice machine menghasilkan es yang tipis, segera periksa bagian tekanan dari refrigerant. Kemungkinan ada kebocoran atau terjadi kesalahan pengaturan pada cetakan es. 

Masalah ini juga bisa diakibatkan oleh pasokan air ke dalam mesin es, olah karena itu periksa juga tekanan air yang disalurkan ke mesin.

  • Trouble Mesin Mati Total 

Jika mesin es sudah tidak bekerja sama sekali, atau mati total segera hubungi teknisi, karena umumnya saat mesin mati total sudah ada beberapa trouble yang kompleks pada mesin es.

Itulah tadi 3 bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan ice machine dan juga cara mengatasi masalah yang terjadi dalam mesin. Semoga bermanfaat.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.