Apa itu kredit usaha rakyat? Berikut Jenis Usaha untuk Peminjaman KUR

kredit usaha rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau biasa disingkat dengan KUR merupakan salah satu program pemerintah yang ditujukan kepada pengusaha untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, (UMKM). KUR nantinya akan disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaringan. Tujuan adanya KUR adalah untuk memperkuat kemampuan permodalan UMKM dala rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengenmbangan sector yang nyata dan pemberdayaan usaha di lingkungan masyarakat..

Kebijakan Kredit Usaha Rakyat bagi pelaku UMKM telah diterbitkan dalam Instruksi Presiden No 6 Th 2007 tentang kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor riil dengan pemberdayaan UMKM. Program KUR sendiri bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan pemerintah yang merupakan penyalur KUR. Adapun dana yang dikeluarkan atau dipinjamkan pada pelaku UMKM adalah dana berupa keperluan modal kerja serta kelompok usaha yang memiliki usaha produktif yang sudah layak namun belum memiliki agunan tambahan.

Untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai kredit usaha rakyat dan apa saja usaha yang diperbolehkan untuk melakukan KUR berikut adalah beberapa jenis usaha UMKM atau usaha yang akan dirintis dan diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman KUR.  

  1. KUR Mikro

Sesuai dengan namanya KUR mikro merupakan kredit usaha rakyat yang ditujukan kepada pelaku usaha dalam skala kecil mikro atau masih dalam skala kecil mikro. Adapun sasaran dari KUR Mikro adalah pelaku usaha yang dinilai dari segi produktivitas dan prospektif dan dilihat dari profit yang dihasilkannya. Hal ini bertujuan agar penerima KUR dapat mencicil biaya kredit dengan tepat waktu sesuai yang telah disepakati dengan pihak bank yang bekerja sama dengan KUR.

  1. KUR Retail

Jenis usaha yang diperbolehkan melakukan kredit usaha rakyat selanjutnya adalah usaha yang bekerja di bidang retail. KUR retail memberikan penawaran pinjaman jangka panjang kurang lebih untuk peminjaman maksimal empat tahun untuk pembiayaan modal kerja dan lima tahun untuk biaya investasi. Syarat yang diperlukan untuk KUR retail tidak jauh berbeda dengan KUR Mikro dimana pelaku bisnis harus memiliki usaha yang memberikan profit secara konsisten.

  1. KUR Tenaga Kerja Indonesia

Selanjutnya jenis kredit usaha rakyat adalah TKI, sejatinya TKI juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pinjaman KUR. Namun demikian untuk melakukannya Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang telah ditentukan. KUR TKI khusus diberikan untuk TKI luar negeri yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada TKI untuk berangkat melakukan perjalanan dan mencari pekerjaan di luar negeri.

Setiap jenis kredit usaha rakyat yang ditawarkan oleh pihak bank yang sudah bekerja sama dengan program pemerintah memberikan dana pinjaman yang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan untuk membangun usahanya. Selain itu juga beberapa jenis usaha yang diperbolehkan mengajukan KUR memiliki persyaratan yang terkadang berbeda. Hal ini menyesuaikan dengan jenis kur yang akan diajukan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.