Perhatikan 4 Hal Berikut, Sebelum Mengunjungi Penyedia Jual Alat Berat Excavator dan Membelinya

alat berat

Untuk memaksimalkan produktivitas kerja, sudah pasti Anda harus memilih alat yang tepat. Seperti ketika mengunjungi penyedia jual alat berat excavator baru. Pastinya Anda akan tergoda untuk membeli alat yang mempunyai tenaga besar dengan spesifikasi yang juga lengkap. Namun pada kenyataannya tidak harus selalu seperti itu. Sebaiknya pilih dan beli alat excavator yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan.   

  1. Kenali jenis material yang akan digali

Yang perlu Anda pahami disini adalah memilih bucket dengan kapasitas yang paling besar, tentunya belum tentu dapat memindahkan material dalam jumlah banyak, dalam kurun waktu singkat. Apalagi jika material yang akan diangkut sifatnya padat dan berat.

Ketika seorang operator berusaha mengisi Bucket dengan bobot yang melebihi kapasitas angkut, pastinya akan membahayakan pihak operator sendiri dan juga orang lain yang ada di sekitar lokasi, selain tentunya akan merusak alat itu sendiri.

Jadi dalam hal ini perhatian material yang akan diangkut atau digali oleh Bucket tersebut. Misalnya saja jika material yang akan diangkat berbentuk batuan keras dan berat, sebaiknya pilih Bucket yang ukurannya kecil. Agar mampu menjamin stabilitas unit, keamanan dan juga efisiensi kerja dari alat tersebut.       

  1. Cara angkut alat ke lokasi kerja

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan, ketika mengunjungi penyedia jual alat berat excavator untuk membeli alat excavator. Kali ini perhatikan tingkat mobilitas dari alat tersebut. Apakah sering berpindah pindah lokasi, lantaran pekerjaan yang dilakukan lokasinya berjauhan, atau tidak.

Jika demikian, bagaimana pula dengan akses transportasi dari alat tersebut. Apakah mudah diangkut menggunakan truk, atau yang lainnya. Yang tidak kalah penting, cek juga lokasi yang akan dikeruk oleh alat excavator tersebut. Apakah aman dilalui oleh alat tersebut atau tidak.

Salah satu contohnya, jika Anda sedang melakukan proyek di kawasan perkotaan dengan jalanan yang terbilang sempit, bahkan ada kalanya harus melewati jalan raya. Maka kali ini Anda dapat mempertimbangkan jenis Wheel excavator, alat ini mempunyai radius putar yang pendek.

  1. Cari tahu jangkauan lengan excavator

Bagi beberapa pihak kontraktor ada yang menyukai lengan / arm excavator yang pendek, lantaran mempunyai breakout force yang lebih kuat, serta kapasitas Bucket yang lebih besar. Tapi imbasnya, para operator kurang merasa nyaman, ketika berada dekat dengan alat tersebut, terutama ketika melakukan dumping.

Selain itu, ada juga pihak kontraktor yang memperhatikan masalah arm yang ukurannya lebih pendek. Walaupun mampu meningkatkan kapasitas Bucket, namun pihak operator tidak dapat mencapai kedalaman yang diinginkan.    

  1. Lebar trek yang dibutuhkan  

Apabila Anda sedang bekerja di kawasan tambang batu, pastinya material yang akan dijumpai terbilang keras dan ada juga yang ukuran batuannya besar. Jika demikian, maka alat yang disukai adalah pad yang kecil, sehingga mudah untuk menekuk.

Lain ketika Anda akan bekerja di pasir lunak, maka alat yang dibutuhkan adalah pad yang lebar, agar mampu mencegah alat excavator tenggelam ke dalam lumpur pasir.

Yang artinya, ketika mengunjungi penyedia jual alat berat excavator baru, maka Anda perlu mempertimbangkan semua skenario yang disebutkan di atas, mulai dari bobot, tenaga kuda, dan yang lainnya. Tidak ada salahnya jika melibatkan pihak operator, agar alat yang dibeli kelak berguna dan memperlancar kinerja yang ada.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.