5 Prosedur Kerjasama dengan Perusahaan Maklon Memproduksi Kosmetik dari Produk Maklon

berapa biaya maklon kosmetik

Berapa Biaya Maklon Kosmetik? Jika Kamu masih bertanya apakah berbisnis dengan produksi kosmetik dari produk maklon itu mahal? Pastinya nilai mahal atau relatif murah tergantung dari yang Kamu upayakan untuk mewujudkan bisnis kosmetik hasil karyamu sendiri. 

Kamu bisa mengeluarkan produk kosmetikmu sendiri dari olahan tanganmu sendiri dan pengemasanmu sendiri, serta mengurus ijin produk juga ijin edarnya sendiri jika Kamu ingin meminimalisir pengeluaranmu. Hanya saja pekerjaan tersebut terlalu beresiko. Selain Kamu tidak menjamin produk kosmetik aman buat banyak orang, kurang higienis, serta terlalu banyak energi yang Kamu keluarkan. Bahkan ijin edar sering tersendat lama bahkan bisa ditolak jika Kamu tidak bekerja sesuai dengan persyaratan dalam pembuatan produk kosmetik di negara ini.

Jadi, ada baiknya Kamu bisa bekerjasama dengan sebuah perusahaan maklon yang bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan dan modal awalmu. Misal Kamu baru berani memproduksi sebuah produk sekitar 100 buah, maka pastikan perusahaan maklon itu menyanggupinya. Lain itu, Kamu bisa meminta formula khusus untuk produk kosmetikmu tetap ada. Jadi jangan sampai produk kosmetikmu terlalu umum dan tidak ada bedanya dengan produk maklon merek orang lain.

Nah, jika Kamu belum mengenal betul prosedur kerjasama dengan perusahaan maklon, berikut 5 langkah dan aturan umum yang dilakukan oleh perusahaan maklon saat bekerjasama dengan kliennya, yakni:

  1. Ketika Kamu sudah menunjuk sebuah perusahaan maklon untuk bekerjasama dalam pembuatan produk kosmetikmu, maka Kamu beserta tim marketing serta tim ahli kosmetik dari perusahaan tersebut wajib bertemu dan melakukan diskusi dan konsultasi tentang produk kosmetik yang Kamu inginkan.

    Harga kosmetik maklon tergantung dari formula yang diinginkan, berat produk kosmetik,  jumlah pemesanan produk, dan model kemasannya. Jadi Kamu harus bisa menentukan seberapa banyak pemesanan awal sebagai uji coba perjalanan bisnis kosmetikmu agar kamu punya bayangan berapa biaya maklon kosmetik yang diperlukan;
  1. Setelah sepakat dengan formula kosmetik dan sebagainya, maka Kamu akan mendapatkan produk Pastikan apakah produk contoh itu sudah benar-benar sesuai keinginanmu atau masih ada yang kurang. Kembali lakukan konsultasi dan diskusi untuk mendapatkan kesepakatan;
  2. Setelah semua urusan produk kosmetik lengkap. Maka Kamu siap melakukan kesepakatan sah kerjasama pembuatan produk kosmetikmu tersebut, Perusahaan maklon akan mengurus perizinan produk kosmetik kepada lembaga-lembaga negara yang berkepentingan, termasuk ke BPOM. Mengingat mereka sudah berpengalaman, sepertinya akan lebih mudah dalam kepengurusannya di banding Kamu yang mengurus perijinan sendiri;
  3. Selain kesepakatan, maka Kamu juga harus siap melakukan pembayaran kepada perusahaan maklon tersebut sesuai pemesanan, kesepakatan berapa biaya maklon kosmetik yang diperlukan, dan hasil diskusi akhir. Setelah itu Kamu tinggal menunggu produkmu jadi dan dikemas oleh perusahaan maklon tersebut. Jadi saat itulah Kamu sudah bisa berkonsentrasi dengan sistem dan strategi pemasaran produk kosmetikmu. Gunakan sejumlah media sosial untuk memperomosikan produk kosmetikmu. Yakinkan fungsi dan keutamaan yang bermanfaat dari produk kosmetikmu buat banyak orang. Jika produkmu mengejar target pasar kaum remaja, maka lakukan gercar promosi di media remaja. Yakni bisa endorse sejumlah vlogger remaja, atau membuat kuis dan kompetisi terkait dengan dunia remaja yang menarik dan seru pastinya!;
  1. Jika produk kosmetikmu sudah dikirim dari perusahaan maklon, lakukan pengecekan apakah sesuai dengan pemesananmu. Setelah itu, beri ruang khusus buat produk kosmetikmu agar tidak mudah rusak, layak edar, dan tidak cacat dalam pengemasan.

Demikian ulasan mengenai produk maklon dan 5 prosedur yang harus Kamu ketahui di dalam bekerjasama dengan perusahaan maklon untuk memproduksi kosmetik karya dan merekmu sendiri.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.