Maloklusi Pada Anak yang Butuh Penanganan Dokter Orthodontist Terdekat

dokter gigi

Maloklusi atau masalah pada oklusi gigi merupakan kondisi yang bisa dialami oleh siapapun, bahkan cukup lazim terjadi pada anak – anak yang masih dalam masa perkembangan. Solusi dari dokter orthodontist terdekat dapat menjadi pilihan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Maloklusi Perkembangan Pada Anak – anak 

Malkolusi perkembangan merupakan salah satu permasalahan yang lazim terjadi pada anak – anak ataupun mereka yang masih berada di masa pertumbuhan. Permasalahan ini dapat mulai muncul ketika gigi susu mulai tumbuh. Terkadang masalah ini berlanjut atau baru mulai muncul pada periode tumbuhnya gigi dewasa menggantikan gigi susu. 

Permasalahan oklusi perkembangan ini bahkan bisa terjadi ketika seseorang sudah dalam usia dewasa akibat tumbuhnya gigi geraham bungsu. Susunan gigi yang ideal dan tidak mengalami adanya maloklusi dapat berubah ketika gigi geraham bungsu tumbuh. Rahang yang sudah kehabisan ruang atau arah tumbuh yang tidak sempurna bisa memicu maloklusi yang butuh penanganan dari dokter orthodontist terdekat.

Mengenal Penyebab Maloklusi Pada Anak – anak

Masalah oklusi pada anak dapat disebabkan oleh faktor genetis yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya seperti ukuran gigi yang terlalu besar atau berjumlah tidak lengkap. Selain itu juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk pada saat pertumbuhan gigi seperti dampak penggunaan dot, menghisap jempol, menggigit kuku atau mainan hingga perilaku bertopang dagu. 

Penyebab lain yang bisa memicu maloklusi pada anak adalah faktor patologis. Faktor ini dapat berupa kelainan atau sakit pada rongga mulut, tenggorokan, hidung ataupun telinga. Kondisi ini bisa menjadi pemicu perkembangan dan pertumbuhan gigi yang tidak sempurna sehingga menjadi maloklusi. 

Selain itu ada pula masalah erupsi atau pertumbuhan gigi yang lambat atau kelambatan gigi tanggal hingga kelainan posisi gigi seperti impaksi yang menjadi penyebab maloklusi pada kategori ini. Gigi susu yang terlambat tanggal bisa menyebabkan gigi dewasa tumbuh dengan arah yang tidak ideal dan terjadi posisi gigi dewasa yang miring atau kurang rapi.

Mengenali masalah oklusi sejak dini dan penanganan tepat dari dokter orthodontist terdekat dapat menghindarkan anak dari berbagai masalah pertumbuhan gigi. Kondisi gigi dewasa yang rapi dan memiliki susunan ideal terkait fungsinya bisa diperoleh dengan perawatan dan penanganan masalah gigi yang tepat sejak masih anak – anak.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.