Les Pelajaran IB, Ini Dia Sejarah dan Komponen Pembelajarannya

Les Pelajaran IB, Ini Dia Sejarah dan Komponen Pembelajarannya

Apakah anda pernah mendengar kurikulum IB? Tentu saja, bagi anak-anak yang mengenyam pendidikan di sekolah internasional hal ini sudah tidak asing lagi. Namun, bagi anak-anak yang bersekolah di sekolah umum, anda masih punya kesempatan untuk les pelajaran IB.

Sejarah Kurikulum IB

Nah, sebelum anda memutuskan untuk mendaftar les, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai sejarah kurikulum IB. Kurikulum ini pada awalnya menjadi fondasi pendidikan di Swiss. Hingga kini, kurikulum ini sudah diakui memiliki kualifikasi secara internasional sehingga diterapkan secara global di sekolah internasional.

Kurikulum ini memiliki landasan yang kuat dan mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dan belajar secara mandiri. Konsep setiap pelajaran yang diberikan selalu menyesuaikan terhadap perkembangan dunia. Hal ini bisa menjadi contoh motivasi belajar siswa supaya lebih tekun belajar tanpa harus dipaksa.

Ini Dia Komponen Penting dalam IB

Terdapat beberapa komponen penting dalam IB yang perlu anda ketahui, sehingga anda akan lebih siap belajar. Adapun komponen penting tersebut, sebagai berikut:

  1. Theory of Knowledge

Komponen ini akan fokus membahas 6 pelajaran, yakni matematika, sains, ilmu sosial, etika, sejarah, dan seni. Pelajar akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat yang dilandasi berbagai teori yang ada. Jadi, pelajar ditugaskan untuk terbiasa membaca sumber-sumber yang mendukung pelajaran.

Wah, jika anda memutuskan untuk les pelajaran IB, maka anda juga mendapatkan kesempatan ini pada saat pembahasan soal.

  1. Extended Essay

Hal yang menarik, bahwa setiap pelajar dilatih untuk terbiasa melakukan penelitian secara mandiri. Anda akan mendapatkan tugas untuk membuat essay, hal ini bisa membantu anda mempersiapkan diri dengan serius dalam belajar.

  1. CAS (Creative, Action, Service)

Selanjutnya, anda akan mendapatkan program kerja di luar kelas. Hal ini juga disesuaikan dengan jadwal dan mata pelajaran yang anda ambil. Jadi, di sini anda bisa menemukan contoh jadwal pelajaran yang baik dan tidak membuat anda merasa lelah belajar.

Demikianlah, pembahasan mengenai sejarah dan komponen IB. Semoga, anda bisa tertarik untuk les pelajaran IB. Supaya anda mendapatkan kesempatan belajar yang menyenangkan. Yu, semangat belajar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.