Kenali Cara Hitung Suku Bunga Deposito

ilustrasi menghitung suku bunga deposito tinggi dari bank

Rajinlah menabung maka lama-lama akan menjadi bukit. Pepatah tersebut tentu tidak asing di telinga anda. Memang benar adanya, dengan menabung maka aset anda akan semakin banyak. Tempat yang selalu digunakan untuk menabung dan terbilang aman tentunya adalah bank. Dengan menabung di bank, anda akan mendapatkan suku bunga deposito tinggi.

Suku Bunga Deposito Tertinggi

Apa yang dimaksud dengan suku bunga deposito ? maksud dari suku bunga deposito ini adalah harga dari dana yang akan di pinjamkan besarnya dan ditentukan oleh preferensi serta sumber pinjaman dari berbagai pelaku ekonomi di pasar

Sedangkan suku bunga bank adalah balas jasa yang diberikan dari pihak bank kepada nasabah yang membeli atau juga menjual produknya. Untuk perbedaan suku bunga deposito dengan bunga bank ialah, suku bunga deposito menawarkan persenan yang lebih besar. Jika bunga bank hanya berkisar 0,5% hingga 3% saja, maka untuk suku bunga deposito dapat mencapai 5% hingga 7% per tahun. Tentunya besaran bunga deposito akan berbeda antar banknya. 

Jika anda bertanya tentang suku bunga deposito tinggi, salah satu bank yang ada telah menawarkan suku bunga deposito dengan jangka 6 hingga 12 bulan dengan bunga deposito dapat mencapai 5,25 % dan bunga sebesar 4,25 %. 

Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

Suku bunga deposito yang tinggi memang sangat menyenangkan. Namun dari tawaran suku bunga yang tinggi tersebut, tentu anda haruslah bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai anda salah melakukan deposito dan mengakibatkan kesalahan fatal terkait keuangan yang anda miliki.

Untuk cara menghitung suku bunga deposito juga cukuplah mudah. sebagai contoh, jika anda sebagai nasabah di salah satu bank dan melakukan penyimpanan uang Rp 100 juta dalam jangka waktu tenor 1 tahun lamanya dan bunga deposito yang ditawarkan 1,9 %, maka cara menghitungnya adalah 1,9 % x Rp 100 juta x 365 hari : 365 = Rp 1.900.000. Dari hasil perhitungan tersebut maka anda sebagai nasabah akan mendapatkan bunga deposito sebesar Rp 1,9 juta dalam jangka waktu 12 bulan atau 1 tahun. 

Nah, jadi itulah penjelasan tentang cara hitung suku bunga. Semoga bermanfaat.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.